Kristosimus: Generasi Muda Harus Bisa mecintai Sagu dan Membudidayakan Sagu

Terkait kedatangan Duta Besar Norwegia ke Kabupaten Mappi, Bupati Mappi berencana akan mengajak duta besar Norwegia untuk mengunjungi lahan Pertanian Sagu yang sementara di garap dengan kerja sama antara Pemerintah Daerah Mappi dan Badan Restorasi Lahan Gambut.


Sagu memang selama ini menjadi komudity unggulan di daerah Mappi mengingat sagu merupakan makanan pokok masyrakat Papua secara umum dan masyarkat Mapi secara khusus.

Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengatakan lahan di Mapi untuk pengelolaan sagu cukup luas, lahan yang saat ini sedang di tanami sagu merupakan lahan yang dahulu memang di tumbuhi sagu. Senin (24/05)

Terkait Budi Daya Sagu lahan kita sangat luas, bahkan lahan yang saat ini sedang kita garap dahulunya merupakan lahan tempat tumbuhnya sagu, namun karean terjadi proses perubahan salah satunya kareaan terjadi banyak pembakaran sehinga daerah yang dahullu di tanami sagu kini berubah menjadi rumput. ucapnya.

selanjutnya Kristosimus nembahkan, bahwa Pemda Mappi tertarik untuk membuka lahan sagu di Mappi karena rencana dua hal mendasar, pertama karena kami dengan beberapa investor rencanyanya akan mengelola pati sagu menjadi tepung sagu, yang kita harapkan dalam waktu dekat sudah akan di bangun pabriknya di mappi.

Yang kedua kegiatan ini merupakan bentuk aksi moral kami guna mengajak generasi muda untuk kembali mencintai sagu dan bisa membudidayakan sagu itu sendiri. Karena sagu dari sisi kesehatan sangat baik, mengingat sagu merupakan salah satu komudity dunia yang sangat rendah gula. pungkasnya.