Rencana Pemekaran PPS, Eks KNPB : Kami siap dukung

Eks Pimpinan Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Marinus Kateng mengatakan siap mendukung pemekaran Provinsi Papua Selatan demi kemajuan daerah, katanya saat ditemui wartwan Rmol Papua, Rabu (26/2).


Recana pemekaran PPS menuai pro dan kontra dari berbagai macam kalangan. ada yang mendukung dengan catatan kaki, adapula yang menolak dengan alasan tertentu.

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di bolehkan secara konstitusi.

Menurut Marinus, pemekaran DOB boleh saja namun perlu diselesaikan hak-hak orang asli papua dan perlu adanya duduk bersama tokoh-tokoh adat.

“Saya mendukung pemekaran PPS namun, perlu diselesaikan hak-hak orang papua misalnya hak ulayat, dan harus para tokoh adat dipertemukan duduk bersama berbicara dari hati ke hati terkait persiapan PPS” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, secara Sumber Daya Manusia (SDM) , orang papua sudah sangat siap. Hanya saja kadang tidak diberi ruang untuk menunjukan kemampuannya.

“Saya rasa secara SDM, kami orang papua sudah siap. memang kadang saja kami tidak diberikan ruang dan kesempatan sehingga tidak terlihat. Padahal sebetulnya kami bisa berbuat lebih untuk kemajuan tanah ini, tandasnya.