Raymond Konstantin/RMOL Papua

Kantor Pencarian dan Pertolongan atau yang biasa dikenal Basarnas Merauke telah berkomunikasi dengan pejabat daerah Mappi untuk mengusulkan keberadaan unit siaga SAR di wilayah tersebut.


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Raymond Konstantin menuturkan, inisiasi membuka unit siaga SAR di Mappi karena bagian wilayah kerja Basarnas Merauke. Ada dua tempat yang diusulkan yakni Bade dan Mur, Kepi.

“Wakil bupati Mappi sudah sempat mau ke kantor SAR saat HUT, namun beliau sakit dan belum sempat membicarakan sehingga kami akan follow up untuk menindaklanjuti terkait pembentukan unit siaga SAR”, beber pria kelahiran Merauke ini kepada RMOL PAPUA di kantornya, Kamis (12/3).

Dirinya menjelaskan, Basarnas mendapat kaferan area dan masukan dari masyarakat antara pelabuhan Bade dan Mur. Namun jika dilihat, pelabuhan Bade lebih strategis karena berada di tengah, dapat menjangkau sungai-sungai ke muara digul, Asiki, dan Kepi.

Selain itu, arus transportasi di terminal pelabuhan Bade dan sekitarnya cukup tinggi. Namun ada masyarakat juga yang mengusulkan, unit siaga SAR dibuka di Mur, Kepi.


“Harapan kami, punya satu unit siaga di Mappi. Apakah di Bade atau Mur,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here