Bupati Merauke Bagi Sembako, Anselmus: Jangan Beri Ikan tapi Kailnya Juga

Ketua Forum Muyu Mandobo di Kabupaten Merauke, Anselmus Kaipman, mengharapkan kepada Pemerintah agar bantuan yang diberikan kepada Masyarakat tidak hanya bantuan-bantuan yang selama ini telah diberikan berupa Sembako dan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), tetapi juga memberikan bantuan yang bersifat jangka panjang, mengingat permasalahan Covid-19 ini tidak diketahui sampai kapan akhirnya.


Baginya pemberian sembako dan BLT di analogikan dengan Ikan dan Kail, dengan memberikan ikan Masyarakat hanya bisa sekali makan, sedangkan dengan memberikan kail Masyarakat dapat menggunakannya secara terus menrus untuk menangkap ikan.

“Kalau bisa Masyarakat jangan diberikan ikannya saja tetapi diberikan kailnya juga.” Ucapnya saat ditemui oleh wartawan Rmol Papua di kediamannya. Kamis (14/5)

Selanjutnya dirinya mengharapkan kepada Masyarakat untuk kiranya dapat membantu meringankan beban kerja Pemerintah dengan memanfaatkan lahan -lahan yang ada dirumah masing-masing, maupun lahan warisan Orang Tua dengan kembali bercocok tanam di lahan tersebut, mengingat bantuan dari Pemerintah sifatnya hanya sementara sedangkan kehidupan akan terus berjalan.

Dengan kembali melaksanakan kegiatan bercocok tanam secara tidak langsung Masyarakat bisa membatasi diri dari pergaulan luar, sehingga Masyarakat dapat menghindari dan memutus penularan Covid-19.

Lebih lanjut, Anselmus melihat bahwa dengan membangun kembali ekonomi keluarga melalui pemanfaattan lahan, berarti masyarakat juga ikut membantu Pemerintah menekan laju inflasi terutama disektor pangan.