BPN Merauke Lakukan Kegiatan Launching Penerapan Hak Tanggungan Elektronik

Kepala kantor BPN Merauke, Eduard Albert Dimomonmau/RMOL PAPUA

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Merauke melakukan launching perdana Penerapan Hak Tanggungan Elektronik untuk sertifikat yang menjadi jaminan, Jumat (5/6).

Kepala kantor BPN Merauke, Eduard Albert Dimomonmau mengatakan, pihaknya mulai menerapkan Hak Tanggungan Elektronik untuk sementara ada 2 Bank.

Hal ini karena 2 Bank tersebut sudah siap melakukan pengikatan Hak Tanggungan secara Elektronik sedangkan yang lainnya masi sementara proses.

“Kita baru bisa melakukan pengikatan Hak Tanggungan Elektronik untuk Bank BRI dan Bank BNI sedangkan untuk Bank Mandiri dan Bank Papua masi sementara proses pembuatan akun maupun kartu Register untuk bisa masuk pada sistem itu” Ungkap Kepala BPN Kabupaten Merauke kepada Reporter RMOL Papua, Jumat (5/6).

Selain 4 Bank tersebut di atas ada Bank lain juga yang sementara proses pembuatan akun maupun kartu Register agar dapat melakukan pengikatan Hak Tanggungan Elektronik untuk sertifikat yang di jaminkan.

Kepala kantor BPN Merauke, Eduard Albert Dimomonmau bersama rekannya dalam ruangan lounching/RMOL PAPUA

“Selain 4 Bank itu ada juga banyak Bank lain yang sementara Masi melakukan pembuatan akun ataupun kartu register termasuk Asuransi jiwasraya juga sehingga bisa melakukan pengikatan Hak Tanggungan Elektronik untuk sertifikat yang menjadi jaminan”,Tambahnya.

Kepala BPN Merauke berharap dengan mulai berlakunya Hak Tanggungan Elektronik ini bisa mempermudah kerja dari instansi-instansi terkait dalam melakukan pengikatan Hak Tanggungan.

“Saya berharap dengan sudah berlakunya Hak Tanggungan secara Elektronik ini bisa mempermudah kerja dari instasi yang terkait misalnya pihak Bank maupun Notaris dan PPAT yang berhubungan langsung dengan kantor Pertanahan Merauke”, Tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here