Bupati Merauke Instruksikan Tim Inventaris Masyarakat Merauke Yang Terjebak di Luar Papua Untuk Kepulangan

Rapat Pemerintah Provinsi Papua bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang juga dihadiri oleh Bupati dan Walikota di Seluruh Papua menghasilkan keputusan bahwa Papua tidak memberlakukan New Normal namun Relaksasi.


Teknis pelaksanaan Relaksasi dimulai dengan Kapal Laut tanggal 8 Juni mulai beroperasi sedangkan pesawat tanggal 10 Juni dengan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Lebih lanjut, Bupati Merauke, Frederikus Gebze langsung membuka ruang untuk Masyarakat Merauke yang terjebak di Wilayah Papua dan Luar Papua untuk dapat kembali ke Merauke.

Menindaklanjuti Instruksi Bupati Merauke tersebut, Tim Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura langsung bergerak.

Ketua Tim Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura, Dev Titaley mengungkapan dirinya bersama tim sudah mulai bergerak sesuai arahan Bupati Merauke untuk menginventarisir Masyarakat Merauke yang terjebak di Wilayah Papua maupun di luar Papua.

"Ini instruksi langsung dari Bapak Bupati Merauke karena melihat dan peduli terhadap masyarakat Merauke yang ingin pulang namun terjebak. Jadi beliau ambil kebijakan untuk lakukan ini", Ungkap Dev Titaley saat dihubungi Redaktur RMOL Papua, Jumat (5/6).

Lebih lanjut kata dia, teknis dari instruksi diantaranya bagi Masyarakat yang berada di Papua Khususnya Jayapura bisa langsung mendatangi Posko di kediaman Bupati Merauke di Jayapura yang dijadikan Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura.

Sedangkan untuk Masyarakat Merauke yang terjebak di luar Papua, langsung mengirim foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada Tim melalui Ketua dan Sekretaris Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura lewat nomor WhatsApp (WA)yang tertera di Poster.

Poster informasi kepulangan masyarakat Merauke yang terjebak di Luar Merauke/Net

"Untuk masyarakat Merauke yang terjebak di Jayapura bisa langsung ke Posko kami dan diluar Papua bisa krim foto KTP lewat WA kami untuk ditindak lanjuti" Katanya lanjut.

Untuk informasi teknis kepulangan hanya melalui satu pintu dalam hal ini melalui Tim Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura.

Selain itu menurutnya diluar tanggung jawab Bupati Merauke dan Tim.

"Iya ini satu pintu informasinya lewat kami, jika ada di luar itu bukan tanggung jawab Bapak Bupati dan Tim", Pungkasnya.