BPN Merauke Gelar Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kelurahan Seringgu Jaya

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Merauke melakukan pencanangan gerakan kelurahan dan kampung lengkap dimulai dari kelurahan Seringgu Jaya, Rabu (10/6).


Pada tahun ini di Kabupaten Merauke telah di tetap kan untuk 4 kelurahan yang akan menjadi desa lengkap yaitu Kelurahan Seringgu Jaya, Kelurahan Samkai, kelurahan muli dan kelurahan Rimba Jaya.

Dari 4 kelurahan tersebut yang menjadi percontohan adalah kelurahan Seringgu Jaya yang akan di lanjutkan dengan 3 kelurahan lainnya setelah Seringgu Jaya selesai.

"Kegiatan ini merupakan Pencanangan gerakan kampung lengkap yang di mulai dari Seringgu Jaya, pada tahun ini ada 4 kelurahan yang akan menjadi desa lengkap yaitu kelurahan Seringgu Jaya, Muli, Samkai dan Rimba Jaya," Ungkap Kepala BPN Kabupaten Merauke kepada Reporter RMOL Papua Via Seluler, Rabu (10/6).

Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini dilakukan guna mempermudah masyarakat dalam penerbitan sertipikat baru untuk Tanah yang belum ber sertipikat, serta untuk memetakan Tanah-tanah yang belum terpetakan baik fasilitas umum, patok batas kelurahan dan lainnya.

Masyarakat Kelurahan Seringgu Jaya saat mengikuti Sosialisasi PTSL/RMOL PAPUA
Masyarakat Kelurahan Seringgu Jaya saat mengikuti Sosialisasi PTSL/RMOL PAPUA

Target dari kegiatan ini sekitar 2 minggu dimulai dari sekarang, pada kegiatan ini mempunyai misi yaitu mendekat, merapat, dan menyeluruh dimana mendekat kita mulai dari kelurahan Seringgu Jaya, kemudian merapat yaitu pada kelurahan yang bersebelahan serta menyeluruh pada lingkup wilayah BPN Kabupaten Merauke.

"Kegiatan ini di laksanakan guna memudahkan masyarakat dalam penerbitan Sertipikat baru, kemudian memetakan ruang atau Tanah yang belum terpetakan baik itu patok-patok batas kelurahan, Fasilitas umum dan Tanah-tanah milik masyarakat yang belum terpetakan," Lanjutnya

"Pada kegiatan ini kita punya target 2 minggu dari sekarang dengan misi mendekat, merapat dan menyeluruh dimana mendekat kita mulai dari kelurahan Seringgu Jaya, merapat yaitu pada kelurahan yang bersebelahan serta menyeluruh lingkup wilayah BPN Kabupaten Merauke," Tambahnya

Kepala BPN Kabupaten Merauke Berharap dengan adanya kegiatan ini sudah tidak ada lagi ruang-ruang atau Tanah-tanah yang tidak terpetakan khususnya pada kelurahan yg menjadi Pilot Project (Percontohan).

"Dari kegiatan ini diharapkan agar kedepan nya sudah tidak ada lagi ruang atau Tanah-tanah yang belum tepetakan khusus pada kelurahan-kelurahan yang jadi Pilot project," Tutupnya.