Bupati Merauke, Frederikus Gebze saat bersama Tim Posko Terdampak Covid-19 untuk wilayah Animha di Jayapura/RMOL PAPUA

Posko Terdampak Covid -19 Kabupaten Merauke di Kota Jayapura merupakan bentuk dan pelayanan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke kepada masyarakat Kabupaten Merauke dan sekitarnya yang terdampak pandemi Covid -19 di Kota Jayapura.

Hal ini di sampaikan langsung oleh Dev Titaley selaku Koordinator Posko Terdampak Covid-19 Jayapura saat di wawancarai oleh Reporter RMOL Papua, Minggu (21/6).

Menurutnya, fungsi posko sendiri adalah untuk mendata Masyarakat Merauke yang terdampak Covid-19 serta guna melakukan pelayanan sosial kepada Masyarakat Merauke.

Pendataan ini dilakukan agar pihaknya dapat memulangkan Masyarakat Merauke di Kota Jayapura setelah mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tentukan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Merauke Sendiri,” ungkapnya.

Posko Terdampak Covid -19 Kabupaten Merauke di Kota Jayapura
Posko Terdampak Covid -19 Kabupaten Merauke di Kota Jayapura

Selain itu dirinya mengatakan bahwa semua kebijakan bukan kewenangan tim di Posko, mereka bertugas hanya mengambil data, memverifikasi data serta melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Merauke.

Pihaknya juga memberikan pelayanan sosial kepada warga Masyarakat Merauke yang sedang sakit, atau membutuhkan bantuan sosial di Kota Jayapura.

Selanjutnya kata dia, sampai saat ini pemerintah Provinsi Papua belum membuka slot penerbangan dari daerah manapun untuk dapat kembali ke Papua, selain Jakarta, hal ini berdasarkan Surat Edaran Gubernur Papua.

“Setelah kami melakukan konfirmasi ke Bupati Merauke, Frederikus Gebze, sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Pemda Merauke beliau menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Papua belum mengijinkan slot penerbangan untuk Merauke, Makassar, Jayapura, Timika dan Biak, sesuai Surat Edaran Gubernur Provinsi Papua hanya Jakarta saja yang di ijinkan,” tegasnya.

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh Masyarakat Merauke yang saat ini berada di Kota Jayapura agar kiranya bersedia untuk bersabar.

“Sebab tentu ada beberapa mekanisme dan prosedur serta protokol kesehatan yang harus kita patuhi bersama agar dapat pulang ke Merauke,” pungkasnya

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here