Bantah Pernyataan Ciwe, Tito Kapisa Mengaku Dirinya Inisiator Terbentuknya FKMB

Berkaitan dengan statement Fransiskus Ciwe yang menyebutkan bahwa Tito Kapisa bertindak secara pribadi bukan mengatasnamakan Forum Kandidat Merauke Baru (FKMB), maka Tito merasa  perlu adanya klarifikasi.


Saat diwawancarai oleh reporter RMOL Papua, Tito menegaskan bahwa dirinya bukanlah anggota dari FKMB melainkan koordinator karena dari awal inisiator dan koordinator pembentukan FKMB itu adalah dirinya,Senin (13/7).

Kemudian dirinyapun menambahkan bahwa hakikatnya FKMB adalah bersifat temprorer sehingga dapat dibubarkan kapan saja sesuai dengan kepentingan.

“Sifat dari Forum Kandidat Baru adalah temprorer dan bukanlah permanen, sehingga kapan saja dapat dibubarkan dan larut seiring dengan berjalan waktu sesuai dengan kepentingan-kepentingan," katanya.

Selanjutnya Tito menegaskan bahwa FKMB sama sekali tidak memiliki Payung Hukum, sehingga menurutnya tidak masalah ketika dirinya memutuskan untuk menjatuhkan dukungan kepada salah satu Kandidat Bakal Calon Bupati Merauke, yaitu Hendrikus Mahuze dan menyatakan dukungan atas nama FKMB karena Forum tersebut bersifat temprorer.

“Forum Kandidat Merauke Baru ini tidaklah berbadan dan berpayung hukum. Pilihan saya  untuk pindah ke bakal calon bupati Hendrikus Mahuze adalah pilihan politik, dan menurut saya tidak masalah jika membawa nama forum mengingat forum ini sifatnya temprorer.

"Dari sekian banyak perjanjian awal bahwa siapapun anak-anak marind yang mendapatkan partai harus didukung,” Tegasnya

Dirinyapun menilai yang dilakukan oleh Ciwe dan teman-teman dari pemuda Marind yang lainnya adalah bentuk dari perjuangan suci berkaitan dengan kebijakan, perlindungan dan pemberdayaan orang Papua, berbicara tentang hak-hak politik orang Papua, hanya saja sasaran tembaknya yang belum tepat.