Peringati HUT KNPI Ke-47, KNPI Papua Berharap Pemuda Bersatu

Bendahara Umum DPD KNPI Provinsi Papua, Sehan Hanubun/Net

Hari Ulang Tahun (HUT) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ke-47 menjadi momen untuk mempersatukan pemuda untuk mengawal agenda bangsa.

Demikian yang disampaikan Bendahara Umum KNPI Provinsi Papua, Sehan Hanubun saat diwawancarai Reporter RMOL Papua, Kamis (23/7).

“Salam pemuda, melalui HUT yang ke-47 Ini, menurut kami sesuai dengan tema Nasional yaitu “Satu nafas dalam kebhinekaan, pemuda jangan lagi terkotak-kotak namun bersatu padu bergandengan tangan melihat situasi ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia,” jelas Sehan.

Ia juga menyampaikan pihaknya siap mendukung seluruh program dari DPP KNPI pusat terutama dalam hal pembangunan bangsa dengan semangat kebhinnekaan sesuai tema sentral pada HUT KNPI.

Sehan Hanubun juga menyinggung peran dan posisi serta pandangan pemuda terkait persoalan Otonomi Khusus (Otsus) yang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini.

Pihaknya akan mengambil langkah melakukan konsolidasi dan koordinasi kepada seluruh komponen untuk menghimpun aspirasi terkait persoalan Otsus.

“Terkait dengan semangat kepemudaan dalam rangka mengawal otonomi khusus maka, DPD KNPI Provinsi Papua akan mengambil langkah-langkah untuk menghimpun segala aspirasi pemuda untuk mengawal Otsus di Provinsi Papua.

“Selanjutnya, kami akan lakukan rapat koordinasi dengan komponen pemuda, stakeholder dalam hal ini pemerintah Provinsi Papua, DPRP dan MRP untuk menindaklanjuti pikiran-pikiran dari pemuda dan mengevaluasi total apa yang didapat pasca Otsus,” terangnya.

Mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Papua-Papua Barat ini juga menyampaikan, terkait rencana pemerintah pusat yakni Kementerian Dalam Negeri untuk menyusun Otsus lanjutan namun tidak melibatkan komponen pemuda.

Sehingga, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan Pimpinan OKP dan seluruh komponen pemuda untuk menjaring aspirasi dalam rangka mengawal otonomi khusus yang nantinya berakhir tahun 2021.

“Saya mengajak seluruh komponen Pemuda dengan semangat HUT ini untuk terus mengawal Otsus.

“Melakukan kajian-kajian ilmiah dan akademis dalam rangka membantu Pemerintah Provinsi Papua untuk melihat kembali rancangan Otsus oleh Departemen Dalam Negeri,” demikian Sehan Hanubun.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here