Sulaeman L. Hamzah Reses Dengan Penangkar Benih Kabupaten Merauke

Sulaeman Hamzah bersama tim dan masyarakat penangkar benih dilokasi sawah Kampung SP2, Distrik Tanah Miring/RMOL Papua

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi NasDem, H. Sulaeman L. Hamzah melakukan kunjungan langsung ke kabupaten Merauke, Sabtu (25/7).

Kunjungan tersebut masih dalam rangka masa reses dan sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat.

Bantuan pertama diberikan kepada masyarakat Sidomulyo, distrik Semangga berupa barang dan sejumlah uang yang penyerahannya diwakili oleh anggota DPRP Papua, Fauzun Nihayah dan anggota DPRD Kabupaten Merauke, Sugiyanto, Jumat (24/7) kemarin.

Kali ini, H. Sulaeman L. Hamzah bertemu dengan kelompok penangkar bibit yang sudah terbentuk dari tahun 2015 lalu tepatnya di kampung SP2, Distrik Tanah Miring, Merauke.

“Hari ini kami bertemu dengan kelompok para penangkar benih yang semakin hari semakin bertambah.

“Kita lihat ada dari beberapa kampung juga yang datang. Semangat ini yang perlu kita rawat baik-baik dan jaga kekompakan. Dengan keterampilan mereka ini Insya Allah bisa menghasilkan sesuatu yang besar,” tuturnya usai kegiatan serap aspirasi kepada wartawan.

Sulaeman juga menyampaikan bahwa, memulai sesuatu dari awal pasti mengalami kesulitan sebab masyarakat perlu diajari dari awal.

Namun, bagi masyarakat yang punya semangat sendiri memulai duluan biasanya akan lebih baik.

“Tadi ada usulan untuk mereka mendapat wadah agar meningkatkan produksi juga sekaligus dalam keseharian mereka dapat lebih kompak dan meningkatkan produksi sehingga kesejahteraan para anggotanya dan juga pengembangan usaha ini bisa merata ke semua kampung.

“Bagi saya ini modal besar yang kita tidak bisa lihat begitu saja tetapi perlu disiasati dengan segala cara, sehingga usaha ini bisa meningkat agar dapat melayani, tidak hanya di Merauke, tapi diseluruh Papua bahkan diluar papua yg membutuhkan benih semacam itu. Saya juga siap mensupport kelompok penangkar benih ini untuk lebih bisa maju,” tandas Sulaeman.

Dia juga mengatakan, dari laporan produksinya, produksi tahun kemarin per hektarnya tertinggi secara nasional untuk di Merauke.

“Walaupun keadaan seperti ini, air tidak banyak menunjang tapi mereka bisa menghasilkan yang begitu luar biasa. Oleh karena itu kesempatan saya datang hari pertama, saya langsung temui mereka karena saya merasa ini lebih penting untuk kedepannya.

“Modal litbang itu sebetulnya dari sini. Litbang dipertanian itu mereka harus bisa lebih banyak belajar dari hal-hal yg seperti ini.

“Mereka bisa melakukan inovasi yang lebih besar, kalau kelompok semacam ini sudah memulai. Karena itu di sektor pertanian tentunya, kita berharap ini akan berguna untuk pengembangan pertanian ke depan,” harapnya.

Dikatakan oleh Sulaeman, kedatangannya di Merauke memiliki beberapa agenda kegiatan yang tentunya lebih pada penyerapan aspirasi masyarakat di Dapilnya.

“Besok kami ada agenda untuk serap aspirasi dari beberapa kelompok masyarakat. Karena reses kali ini lebih banyak permintaan ke utara, jadi saya hari senin setelah ada acara, dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, siangnya saya harus ke Jayapura untuk melakukan kegiatan reses juga di sana.

“Karena ada beberapa bagian yang memang dalam kesempatan reses ini saya harus keliling ke masyarakat untuk menyerap aspirasi dibeberapa Kabupaten/Kota.

“Sebagai wakil rakyat, setiap kesempatan reses harus saya manfaatkan dengan baik dan mendengarkan aspirasi masyarakat di Dapil.

“Saya terus berupaya komitmen untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat yang saya wakili,” pungkas Sulaeman selaku ketua DPP NasDem bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa itu.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here