Suasana sholat idul adha 1441 H di Mappi/RMOL Papua

Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) kabupaten Mappi laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H, berlangsung khidmat, Jumat (31/7).

Ribuan jamaah memadati lapangan halaman Gor Kaindauri. Kerinduan jamaah terbayar setelah selama beberapa bulan lamanya umat Islam melaksanakan amalia ibadah dirumah ditengah pandemi virus covid 19 hingga saat ini.

Jamaah kaum muslimin dan muslimat di kabupaten Mappi bersyukur karena atas ijin dan takdir Allah SWT serta peran serta PKM Mesjid, Bimas Islam Kementrian Agama di Mappi, PHBI Mappi, Ormas islam, RAPI ,TNI/Polri dan Pemerintah daerah sehingga sholat Adul Adha 1441 H dapat terlaksana.

Dengan memperhatikan protokol kesehatannd dengan tetap menjaga jarak, memeriksa suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, tidak bersalaman.

Kepala Kantor Urusan Agama Mappi, Ustad Muhammad Syaifulloh dalam khutbahnya menyampaikan ada tiga peristiwa penting yang tidak terlepas dari hari raya Idul Adha yaitu sholat Idul Adha berjamaah menandakan bahwa urgensi persatuan umat muslim di kabupaten ini tetap terjaga.

“Kita menyadari pentingnya bersatu dan memegang tali agama Allah SWT agar kita tidak tercerai berai dan selalu mendapatkan petunjuk maka kita harus memegang warisan Nabi Muhammad SAW.

“Jika kita tidak paham Alquran dan Alhadis maka kita harus bertanya pada ulama karena sesuai Hadis bahwa Ulama adalah pewaris Nabi Muhammad SAW.

Ustad Muhammad Syaifulloh menambahkan, Peristiwa yang kedua adalah ibadah haji tahun ini merupakan ibadah haji akbar karena bertepatan dengan hari jumat.

Kesempatan langka yang belum tentu kita dapat. Ditahun ini juga pemerintah tidak mengizinkan keberangkatan haji karena virus covid-19.

“Hikmah yang dapat kita petik dari peristiwa ini adalah kesabaran, keiklasan, kepasrahan dan selalu bertawakal. Peristiwa yang ketiga adalah berkurban.

“Tujuan berkurban adalah mendekatkan diri, bentuk keimanan dalam menjalankan perintah Allah SWT kalau kita belum berkurban tahun ini maka kurbankan lah sifat kebinatangan yang ada pada diri kita semoga Allah SWT mengampuni dosa khilaf dan salah kita,” demikian jelasnya.

Seperti diketahui hari raya Idul Adha 1441 H Tahun ini PHBI kabupaten Mappi mencatat jumlah kurban sebanyak 29 sapi dan 5 ekor kambing disembelih dibeberapa tempat dan masjid.

Daging kurban akan didistribusikan kepada kaum muslimin dan muslimat yang membutuhkan dan saudara-saudara non muslim.

PHBI kabupaten Mappi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu demi terselenggaranya sholat Idul Adha 1441 H ini.

Sehingga dapat berjalan dengan lancar aman dan damai, tetap menjaga protokol kesehatan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here