Anggota DPRP Fraksi PDIP Serahkan Bantuan Jaring Pada Masyarakat Buti

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Edoardus Kaize dan Paskalis Letsoin melakukan reses di Kabupaten Merauke.


Dalam reses tersebut kedua legislator PDIP tersebut menyempatkan untuk berkunjung ke beberapa tempat, antara lain Perkampungan Asmat di Gudang Arang, Masyarakat Marind Imbuti di Kampung Buti, dan Distrik Okaba.

Saat melakukan reses di Kampung Buti, salah satu hal yang dikeluhkan oleh masyarakat lokal Marind Imbuti adalah mereka belum mempunyai jaring yang akan digunakan untuk menangkap udang. Rabu (5/8)

Sehingga untuk dapat menangkap udang jaring yang mereka pakai selama ini yaitu jaring yang di pinjam dari nelayan Bugis-Makasar, sehingga hasil tangkapan udang harus dibagikan kepada pemilik jaring. Demikan gambaran kondisi nelayan lokal Marind Imbuti yang digambarkan oleh Edoardus Kaize kepada Rmol Papua. Kamis (6/8)

Sehingga menurutnya ketika permintaan ini disampaikan maka mereka berusaha agar masyarakat boleh secepatnya mendapatkan jaring tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Selanjutnya Edoardus Kaize menambahkan bahwa jumlah jaring yang diminta oleh masyarakat adalah sebanyak 5 buah jaring, untuk dibagikan kepada kelompok Yobar 1 dan untuk kelompok Yobar 2. Namun bantuan yang direalisasikan sebanyak 2 buah jaring terlebih dahulu untuk masing-masing kelompok, sebagai bagian dari pembinaan dengan maksud agar kelompok nelayan ini harus berjuang dan berusaha menjalankan usaha mereka dengan baik sehingga dapat menghasilkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk membeli jaring lagi.

"Kami tidak mau hanya datang untuk selalu menyuap masyarakat tanpa membuat masyarakat harus dapat berjuang untuk kehidupan sendiri." Pungkasnya