Peringati Hut RI Ke-75 Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Titik 0 Km PLBN Sota Merauke

Dalam rangka memeriahkan hari kemerdaan Repunlik Indonesia yang 75 Korem 174 Merauke melakukan pembentangan Bendera Merah Putih Berukuran Raksasa sebesar 30 X 20 M. Senin (17/8)


Penrem 174  Untuk meyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Berbagai cara dilakukan di Kabupaten Merauke Papua, Korem 174 Merauke melakukan pembentangan bendera berukuran 30 X 20 M. Senin (17/8)

Pembentangan bendera Merah Putih Raksasa di Titik 0 Kilo Meter Pos Lintas Batas Negara RI-PNG Distrik Sota Merauke ini dilakukan oleh perwakilan seluruh komponen masyarakat di Kabupeten Merauke dengan tetap berpedoman dengan protokol kesehatan Covid-19, sehingga masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini hanya diperkenankan untuk menyaksikan dari kejauhan.

Para perwakilan seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu untuk membentangkan bendera, hal ini dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini. Senin (17/8)

Berdasarlan pers rilis yang dilakukan oleh Penrem 174 Meruake, bahwa dipilihnya Titik nol sebagai lokasi untuk membentangkan bendera merah putih karena PLBN Sota merupakan tempat yang paling strategis dalam kontek kebhinekaan dikarenakan PLBN Sota ini adalah daratan wilayah paling timur NKRI.

Berdasarkan pers rilis dijelaskan bahwa, Kasrem 174/ATW (Merauke) Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo disela-sela acara menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya event ini Tentunya dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.

“Guna meningkatkan jiwa kebangsaan dan semangat nasionalisme dari warga Merauke yang mana jumlah populasi di masyarakat Merauke ini cukup heterogen, tidak hanya dari suku asli Papua tapi juga mewakili suku-suku lain di Indonesia  sebagai wujud persatuan dan kesatuan di wilayah Merauke yang merupakan wilayah kedaulatan NKRI yang paling timur.” Ucapnya

Pergatan Hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dari ujung timur wilayah NKRI ini diikuti dari TNI - Polri, elemen masyarakat,  ASN dan  Forkompimda serta beberapa organisasi masyarakat dengan acara inti yaitu mengibarkan bendera merah putih berukuran cukup besar 30 X 20 M.