KNPI Merauke Akan Fokus Pada Proker Penguatan SDM OAP dan Kemitraan

Ketua DPD KNPI Kabupaten Merauke, Simon Petrus Balagaize bersama pengurus saat pelaksanaan Pra Raker/RMOL Papua

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Merauke setelah melakukan Pra Rapat Kerja (Raker) pada, (24/7) lalu, akan melaksanakan Raker pada awal bulan September 2020.

Menurut ketua KNPI Kabupaten Merauke, Simon Petrus Balagaize, kegiatan Raker nanti, KNPI akan fokus pada Program Kerja (Proker) kepemudaan yang mengarah pada pembangunan kearifan lokal Orang Asli Papua (OAP).

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong beberapa program kerja yang sifatnya kemitraan.

“Kita akan fokus pada Proker partisipatif yang bersifat program proritas pembangunan berbasis kearifan lokal yang membangun SDM secara keseluruhan terkhusus pemuda dan masyarakat asli Papua,” jelasnya.

Simon mengatakan, pihaknya juga akan mendorong program kemitraan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke.

Seba kata dia, pemuda merupakan mitra kritis sekaligus mitra pikir Pemerintah, sehingga diharapkan dapat mendampingi dan mengawal proses pembangunan daerah.

Suasana saat Pra Raker DPD KNPI Kabupaten Merauke/RMOL Papua

“Kita juga akan mendorong program kemitraan dengan Pemerintah Daerah, karena Pemuda adalah garda terdepan untuk mendampingi pemerintah.

“Pemuda menjadi mitra pikir Pemerintah agar bersama-sama mengawal pembangunan baik pembangunan ekonomi ataupun pembangunan secara politik,” kata Lelaki berdarah Marind ini.

Simon berharap, semoga proses persiapan maupun pelaksanaan Raker KNPI nanti dapat berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan.

Disaat yang sama, Ketua Steering Committee (SC) Raker DPD KNPI Kabupaten Merauke, Yohanes Nongyap menyampaikan hal senada bahwa pihaknya akan mengarahkan fokus pembahasan kepada program berbasis kearifan lokal.

“Tahapan Raker kedepan kita akan mengumpulkan pikiran-pikiran dari masing-masing wakil Ketua yang mana tidak terlepas dari gagasan pembangunan berbasis kearifan lokal,” katanya saat dihubungi wartawan RMOL Papua.

Sebagai tim pengarah, dirinya juga memastikan agar dalam proses Raker nantinya dapat dirumuskan sesuai dengan visi dan misi Ketua KNPI Kabupaten Merauke yaknipenguatan sumber daya OAP.

“Kami tim SC sebaga pengawal dan pengarah kegiatan Raker, tetap mengawal Proker yang dirumuskan sesuai dengan visi misi ketua DPD KNPI Kabupaten Merauke yaitu membangun Merauke bersama pemuda yang berbasis kearifan lokal dan pembangunan SDM masyarakat asli Papua,” tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here