Upacara HUT TNI Angkatan Laut yang Ke 75 yang dilaksanakan di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap Jakarta Timur kali ini dilakukan secara virtual dikarenakan situasi pandemi Covid-19.  Meskipun dilakukan secara virtual tidak menyurutkan semangat dan kekhidmatan Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke yang menyaksikan jalannya Upacara di Gedung Balai Prajurit Frans Kaisepo Mako Lantamal XI. Kamis,(10/9)

Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa sudah merupakan tradisi yang melekat untuk menyelenggarakan peringatan HUT TNI Angkatan Laut pada setiap tahunnya walaupun tahun ini dilaksanakan dengan nuansa dan cara yang berbeda di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Sejak kelahirannya pada tahun 1945 hingga saat ini, TNI Angkatan Laut telah memberikan bukti nyata sebagai penyangga utama pertahanan di laut dalam bentuk kehadiran dan pengabdiannya guna mewujudkan kedaulatan laut nusantara serta mengawal keutuhan NKRI sebagai jaminan negara keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa.” Ucapnya

Lanjut dikatakan “Selaras dengan doktrin Jalesveva Jayamahe, kekuatan Angkatan Laut memiliki karakter yang dipengaruhi oleh medan tugasnya di laut, serta karakteristik kekuatan dan kemampuan armada tempurnya. Salah satu karakter kekuatan Angkatan Laut adalah kekuatan militer yang selalu siap untuk dioperasionalkan (ready force). Hal ini diwujudkan dalam bentuk kehadiran di laut atau Naval Presence, baik pada saat situasi damai, masa krisis hingga masa perang, dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta melindungi kepentingan Nasional Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan”. Ungkapnya

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada Purnawirawan TNI AL dan Warakauri TNI AL. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Asisten Danlantamal XI, Dansatrol Lantamal XI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal XI, Danyonmarhanlan XI, Prajurit Lantamal XI, Yonmarhanlan XI, PNS Lantamal XI serta Para Purnawirawan TNI AL dan Warakauri TNI AL.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here