Kasi Sosial BPS Mappi, Onsan Jani Ode Tanda beserta petugas BPS saat melakukan kegiatan sensus malam. Selasa (15/9)

Setelah melakukan sensus penduduk (SP) online pada periode Bulan Februari hingga Bulan Mei 2020, Badan Pusat Statististik (BPS) Kabupaten Mappi melakukan kegiatan Sensus penduduk lanjutan melalui tatap muka dan wawancara pada bulan september ini.

Dalam SP 2020 lanjutan ini, BPS Kabupaten Mappi melakukan sensus penduduk pada malam hari secara serentak selasa (15/09) tengah malam sampai dengan rabu (16/09)  dini hari.

Kepala Seksi Sosial BPS Mappi, Osan Jani Ode Tanda, menjelaskan sensus bahwa penduduk malam hari ini di lakukan untuk melihat distribusi penduduk sasarannya adalah penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap seperti tuna wisma dan ABK kapal.

Kasi Sosial BPS Mappi Osan Jani Ode Tanda saat mewawancarai ABK Kapal KM.Putra Harapan

Lanjut dikatakan “Pada prinsipnya Sensus Malam dilakukan agar semua harus terdata dengan baik seperti contohnya ABK kapal yang tidak pulang selama 6 Bulan sampai 1 Tahun mereka harus terdata dengan baik.” Ucapnya

Menurutnya pelaksanaan SP 2020 dilakukan dengan beberapa inovasi yang belum pernah dilakukan pada sensus-sensus sebelumnya salah satunya yaitu inovasi yang dilakukan adalah dengan menggunkan metode combined method atau yang biasa dikenal dengan metode kombinasi online dan offline.

Yang diaman metode online yaitu sensus penduduk dilakukan dengan cara menggunkan aringan internet yaitu metode yang memungkin narasumber mengisi data dari rumah tanpa bertatap muka dengan Petugas Sensus.

Sedangkan Metode Offline yaitu metode yang umum dilakukan yaitu dengan Petugas Sensus mendatangi dan menemui narasumber untuk dimintai datanya.

Kedua ketode ini dilakukan dengan tujuan agar SP2020 dapat tercapai dengan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju “Satu Data Kependudukan Indonesia” sehingga diperoleh data yang akurat,tepat waktu dan dapat dipertanggung jawabkan.” Pungkasnya

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here