Plt Kadinkes Kecam Oknum Yang Menjual Surat Sehat Palsu Seharga 80 Ribu

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Neville Muskita menanggapi beredarnya informasi dan laporan salah satu warga yang ditawari surat sehat oleh oknum masyarakat di terminal untuk bepergian seharga 80 Ribu per surat, Selasa (28/4).


Menurut dr. Neville surat sehat tersebut hanya bisa dikeluarkan oleh Pihak Puskesmas dan ditanda tangani dokter atau petugas Skrining dan Kepala Puskesmas.

"Info bahwa ada orang yg menawarkan surat sehat di terminal bagi masyarakat yang mau bepergian dengan harga 80 Ribu per surat, mohon bantuan agar di tindak tegas, karena surat keterangan dimaksud hanya dikeluarkan oleh puskesmas yang di tanda tangani oleh dokter atau Petugas Skrining dan Kepala Puskesmas" Begitu bunyi pesan dr. Neville via WhatSap kepada Reporter RMOL Papua.

Bagi masyarakat yang membutuhkan surat sehat tersebut dapat menghubungi Puskesmas terdekat setelah diperiksa dan dilakukan Skrining oleh dokter.

Dirinya mengajak masyarakat untuk tidak mempercayai aksi yang telah dilancarkan, dan masyarakat di minta langsung mendatangi Puskesmas jika membutuhkan surat.

"Intinya masyarakat tidak usah percaya kepada orang-orang yang menawarkan surat keterangan sehat karena itu penipuan sebab tidak untuk diperjualbelikan. Jika ingin tes Covid-19 datangi saja Puskesmas terdekat" Jelas dr. Neville